Beasiswa LPDP

151

Program beasiswa dari LPDP sendiri hanya ada dua yaitu untuk program Magister atau S2, baik dalam maupun luar negeri, serta program Doktor atau S3 untuk dalam maupun luar negeri juga. Jadi tidak ada program beasiswa untuk tingkat sarjana atau S1.

Syarat Pendaftaran Beasiswa LPDP S2 dan S3 Reguler

1. Memiliki Surat Keterangan berbadan sehat dan bebas dari narkoba, berlaku untuk semua pendaftar BPI dan surat keterangan bebas TBC, hanya untuk pendaftar Beasiswa tujuan luar negeri.
2. Mendapatkan rekomendasi dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja dan rekomendasi dari atasan bagi yang sedang bekerja.
3. Bersedia menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa pendaftar bersedia kembali ke Indonesia setelah selesai studi.                                                                    4. Batas usia pendaftar beasiswa LDPD reguler maksimal 35 tahun untuk Program Magister dan 40 tahun untuk Doktoral. 5. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,0 (Program Magister) dan 3,25 (Program Doktoral) pada skala 4 yang dibuktikan dengan melampirkan transkrip nilai.
6. Pendaftar beasiswa LPDP untuk program Magister Dalam Negeri harus memiliki IELTS 6,0, TOEFL ITP 500, TOEFL iBT 61, TOEIC 650 atau TOAFL 500 bagi Perguruan Tinggi Islam yang mensyaratkan TOAFL sebagai syarat masuk.
Sedangkan pendaftar Magister Luar Negeri harus memiliki IELTS 6,5, TOEFL iBT 80, TOEIC 800 atau TOAFL 550 bagi Perguruan Tinggi Islam yang mensyaratkan TOAFL sebagai syarat masuk.
7. Pendaftar Doktoral Dalam Negeri harus memiliki IELTS 6,0, TOEFL ITP 530, TOEFL iBT 70, TOEIC 700 atau TOAFL 530 bagi Perguruan Tinggi Islam yang mensyaratkan TOAFL sebagai syarat masuk.
Sedangkan pendaftar beasiswa LPDP untuk program Doktoral Luar Negeri harus memiliki IELTS 7,0, TOEFL iBT 94, TOEIC 850 atau TOAFL 550 bagi Perguruan Tinggi Islam yang mensyaratkan TOAFL sebagai syarat masuk.
8. Penerima Beasiswa wajib menyelesaikan masa studi paling lama 24 bulan. Apabila menyelesaikan studi lebih dari 24 bulan maka harus mendapatkan izin tertulis dari LPDP dan pendanaan beasiswa ditanggung oleh Penerima Beasiswa.
9. Pendaftar tidak harus memiliki LoA Unconditional saat mendaftar beasiswa LPDP. LoA Unconditional adalah surat tanda terima perguruan tinggi tanpa syarat.